Senin, 04 Maret 2019

Penentuan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)


Assalamu Alaikum WR WB
Pada kiriman ini sedikit penjelasan teknik menentukan KKM mata pelajaran dan satuan pendidikan.
Jika ingin membaca dalam bentuk ms word silahkan unduh

 Penentuan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Berikut ini merupakan contoh prosedur penentuan KKM.
1.        Hitung jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap muatan pelajaran setiap kelas dalam satu tahun pelajaran.
2.        Tentukan komponen-komponen yang termasuk aspek kompleksitas, intake, pendidik dan daya dukung.
a.         Komponen-komponen yang bisa dimasukkan aspek kompleksitas, antara lain jumlah KD dan karakterististik KD muatan pelajaran (misalnya, tingkat kesulitan, kedalaman dan keluasan KD).
b.         Komponen-komponen yang bisa dimasukkan aspek intake, antara lain hasil observasi awal siswa, hasil belajar siswa dari tahun pelajaran sebelumnya, dan nilai hasil ujian sekolah dari tahun pelajaran sebelumnya.
c.         Komponen-komponen yang bisa dimasukkan aspek pendidik dan daya dukung, antara lain kompetensi pendidik (nilai UKG), rasio pendidik dan murid dalam satu kelas, akreditasi sekolah dan sarana prasarana sekolah.
3.        Tentukan nilai untuk setiap aspek dengan skala 0-100 dengan mempertimbangkan hal berikut:
a.         Karakteristik Mata/Muatan Pelajaran (Kompleksitas)
Karaktersitik mata/muatan pelajaran memperhatikan kompleksitas KD dengan mencermati kata kerja yang terdapat pada KD tersebut dan berdasarkan data empiris dari pengalaman guru dalam membelajarkan KD tersebut pada waktu sebelumnya. Semakin tinggi aspek kompleksitas materi/ kompetensi, semakin menantang guru untuk meningkatkan kompetensinya.
b.         Karaktersitik Peserta Didik (Intake)
Karakteristik peserta didik (intake) memperhatikan kualitas peserta didik yang dapat diidentifikasi antara lain berdasarkan hasil penilaian awal peserta didik, dan nilai rapor sebelumnya. Semakin tinggi aspek intake, semakin tinggi pula nilai KKMnya.
c.         Kondisi Satuan Pendidikan (Pendidik dan Daya Dukung)
Aspek guru dan daya dukung antara lain memperhatikan ketersediaan guru, kesesuaian latar belakang pendidikan guru dengan mata pelajaran yang diampu, kompetensi guru (misalnya hasil Uji Kompetensi Guru), rasio jumlah peserta didik dalam satu kelas, sarana prasarana pembelajaran, dukungan dana, dan kebijakan sekolah. Semakin tinggi aspek guru dan daya dukung, semakin tinggi pula nilai KKMnya.
4.        Tentukan skor tiap aspek dengan rumus:
Skor komponen =

5.        Tentukan KKM setiap KD dengan rumus:
KKM per KD =
6.        Tentukan KKM setiap muatan pelajaran dengan rumus:
KKM per KD =


 Contoh Kriteria dan Skala Penilaian Penetapan KKM
Untuk memudahkan analisis setiap KD, perlu dibuat skala penilaian yang disepakati oleh pendidik. Contoh, suatu sekolah menetapkan kriteria dan skala penilaian penetapan KKM seperti pada tabel berikut.
Tabel Kriteria dan Skala Penilaian Penilaian Penetapan KKM
Aspek yang Dianalisis
Kriteria Dan Skala Penilaian
Karakteristik Muatan/ Mata Pelajaran (Kompleksitas)
Tinggi
< 65
Sedang
65-79
Rendah
80-100
Karakteristik Peserta Didik (Intake)
Tinggi
80-100
Sedang
65-79
Rendah
<65
Kondisi Satuan Pendidikan (Pendidik dan Daya Dukung)
Tinggi
80-100
Sedang
65-79
Rendah
<65

Berdasarkan Kriteria dan Skala Penilaian Penilaian Penetapan KKM, pendidik menentukan KKM muatan/mata pelajaran dengan format seperti berikut.

Tabel Format Penentuan KKM
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)

Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas                           : 1


Keterangan:
1.         Contoh perhitungan nilai untuk aspek karakteristik muatan/mata pelajaran (kompleksitas).
Misal, KD 3.1 yakni menjelaskan makna bilangan cacah sampai dengan 99 sebagai banyak anggota suatu kumpulan objek, dinilai oleh pendidik memiliki kompleksitas tinggi, dengan demikian KKM untuk aspek karakteristik muatan/mata pelajaran ditetapkan yakni 60.
2.         Contoh perhitungan nilai untuk aspek karakteristik peserta didik (intake).

Misal, suatu sekolah menilai aspek karakteristik peserta didik (intake) sedang berdasarkan nilai rapor tahun sebelumnya. Dengan demikian KKM untuk aspek karakteristik peserta didik (intake) ditetapkan sedang yakni 70. Nilai KKM untuk aspek ini berlaku untuk semua KD pada mapel yang sama.
3.         Contoh perhitungan nilai untuk aspek kondisi satuan pendidikan (pendidik dan daya dukung).
Misalkan, suatu sekolah menilai aspek kondisi satuan pendidikan (pendidik dan daya dukung) sedang berdasarkan kondisi kompetensi pendidik (nilai UKG); akreditasi sekolah dan sarana prasarana sekolah. Dengan demikian KKM untuk aspek kondisi satuan pendidikan (pendidik dan daya dukung) ditetapkan sedang yakni 70. Nilai KKM untuk aspek ini berlaku untuk semua KD pada mapel yang sama.

7.        Tentukan KKM Satuan Pendidikan.
Setelah KKM setiap muatan/mata pelajaran ditentukan, KKM satuan pendidikan dapat ditetapkan dengan memilih KKM yang terendah dari seluruh KKM muatan/ mata pelajaran. Misalnya, suatu sekolah berdasarkan hasil analisis menentukan satu KKM untuk seluruh mata pelajaran 60.
Rentang predikat dapat menggunakan satu ukuran yang sama di satu sekolah. Misalnya, KKM satuan pendidikan 60, berarti predikat Cukup dimulai dari nilai 60. Rentang predikat untuk semua mata pelajaran menggunakan rumus
sebagai berikut:
Rentang Predikat =
*Keterangan: angka 3 pada rumus diperoleh dari jumlah predikat selain D (A, B, dan C) Sehingga panjang interval untuk setiap predikat 13 atau 14. Karena rentang predikat nilainya 13 atau 14, maka untuk mata pelajaran Matematika, rentang predikatnya sebagai berikut.

Tabel Contoh Rentang Predikat untuk KKM Satuan Pendidikan 60
KKM Satuan Pendidikan *)
Panjang Interval
RENTANG PREDIKAT
A (Sangat Baik)
B (Baik)
C (Cukup)
D (Perlu Bimbingan)
60
40/3=13,3
87<A<100
73<B<87
60<C<73
D<60
Pada contoh di atas, rentang predikat untuk predikat A yaitu 13 sedangkan predikat B dan C rentang predikatnya 14.

Berikut disajikan tabel berisi beberapa contoh rentang predikat sesuai dengan KKM satuan pendidikan.

Tabel 4.18 Contoh Rentang Predikat Dari Beberapa KKM

KKM Satuan Pendidikan *)
Panjang Interval
RENTANG PREDIKAT
A (Sangat Baik)
B (Baik)
C (Cukup)
D (Perlu Bimbingan)
80
20/3=6,7
93<A<100
86<B<93
80<C<86
D<80
75
25/3=8,3
92<A<100
83<B<92
75<C<83
D<75
70
30/3=10
89<A<100
79<B<89
70<C<79
D<70
65
35/3=11,7
88<A<100
76<B<88
65<C<76
D<65
*) KKM Satuan Pendidikan menggunakan angka KKM Muatan Pelajaran paling rendah/ minimal.

Untuk mempermudah membuat Predikat KKM berikut kami bagikan
Aplikasi menentukan predikat KKM periksa

Sekian kiriman ini, semoga bermanfaat dan terima kasih
Wassalamu Alaikum WR WB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar